Wednesday, January 24, 2024

Surat Lamaran Kerja | BikinCV

 

Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja yang dalam bahasa inggris disebut Cover Letter atau Application Letter ini menjadi satu hal penting bagi perusahaan untuk menilai calon pekerja. Karena selain latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja, perusahaan juga ingin mengetahui motivasi kamu melamar pekerjaan tersebut.

Apa itu Surat Lamaran Kerja?

Surat lamaran kerja adalah berkas penting yang harus disiapkan saat akan melamar pekerjaan karena merupakan syarat yang wajib dikirim bersamaan dengan CV atau Daftar Riwayat Hidup. Sama dengan CV, surat lamaran kerja ini juga harus dibuat dengan baik dan benar serta semenarik mungkin agar lolos screening HRD.

Surat yang ditujukan kepada Pimpinan Perusahaan/ Perekrut ini memberikan informasi singkat mengenai mengapa kamu adalah kandidat yang tepat untuk diterima oleh perusahaan tersebut. Tulislah pencapaian dan kemampuan kamu yang akan mengesankan perusahaan, dan tentu tujuan kamu yang selaras dengan visi misi perusahaan.

Maka dari itu, kamu haruslah membuat surat ini dengan baik dan benar agar mudah dimengerti. Lihat contoh surat lamaran kerja

Mulai Buat Surat Lamaran Kerja Lihat Cara Buat Surat Lamaran Kerja

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

Dalam membuat Surat Lamaran Kerja, tentunya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, berikut tipsnya :

1. Tekankan Kemampuan dan Ketrampilan
Hal paling penting disini adalah tunjukkan kemampuan dan pencapaian terbaikmu dan kenapa kamu adalah orang yang cocok untuk mengisi posisi tersebut. Akan lebih baik jika kamu membuat sangat spesifik dimana dan kapan kamu menerapkan kemampuan, ketrampilan dan apa manfaat bagi perusahaan.Surat Lamaran Kerja yang Benar Jangan lupa sertakan berkas pendukungnya.

2. Tetap Ringkas dan Efektif
Buatlah tetap ringkas, padat dan jelas. Walaupun kamu ingin menceritakan banyak hal dengan lebih detail, usahakan agar selalu ringkas. Tidak usah bertele tele. Surat lamaran yang efektif dan menarik akan membuat kamu dilirik HRD.

3. Gunakan Bahasa Profesional
Jika kamu membuat surat lamaran kerja bahasa Indonesia, gunakanlah kata kata yang sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Diperbaharui). Hindari penggunaan singkatan seperti yg, dgn dan sejenisnya. Jika dalam bahasa Inggris, gunakanlah bahasa yang biasa digunakan untuk bisnis atau profesional.

4. Buat Kalimat Pembuka yang Berkesan
Perkenalkan diri dengan kalimat pembuka yang berkesan dimana kamu harus lebih menekankan pencapaian, pengalaman dan apa motivasi mu bekerja di perusahaan ini. Hampir mirip dengan membuat Tentang Saya pada CV, kalimat pembuka ini adalah hal pertama yang akan dibaca HRD. Tuliskan kenapa kamu orang yang tepat untuk mengisi posisi tersebut.

5. Lakukan Riset Perusahaan
Riset perusahaan yang ingin kamu lamar penting untuk mengetahui kultur perusahaan sehingga kamu dapat menuliskan bahwa kemampuan dan ketrampilanmu dapat memberikan efek yang menguntungkan kepada perusahaan. Lakukan riset tentang perusahaan yang kamu lamar melalui website resmi perusahaan atau media sosial perusahaan.

6. Sesuaikan Desain Surat Lamaran dengan CV
Surat Lamaran Kerja dan CV sebaiknya memiliki desain, warna, font yang sama. Perkenalkan diri kamu sebagai seorang profesional yang sudah dipoles. Jika diperlukan, HRD bisa mencetak berkas kamu untuk keperluan saat interview. Akan terlihat sangat rapi dan bersih jika memiliki desain yang selaras. Di BikinCV kamu bisa buat surat lamaran dan CV dengan desain yang selaras.

7. Periksa Kembali Surat Lamaran
Ingat jika surat ini sebagai kesan pertama dirimu di mata HRD, pastikan dan periksa kembali surat lamaran jangan sampai ada kesalahan ejaan atau typo, kesalahan tata bahasa atau kesalahan kesalahan lainnya. Kamu juga bisa meminta bantuan orang orang terdekatmu untuk membaca ulang surat lamaran kerja mu.

Hal-hal tersebut sangat perlu untuk kamu perhatikan dalam membuat Surat Lamaran Kerja. Tak jarang, masih ada beberapa orang yang kebingungan dalam membuat surat ini. Kurangnya pemahaman dan referensi tentang pembuatan surat yang baik dan benar, membuat beberapa orang membuat surat ini dengan format yang keliru.

Buat Surat Lamaran Kerja di BikinCV

Untuk kalian yang masih bingung dalam membuat Surat Lamaran Kerja, tenang saja. Kini di BikinCV, kamu dapat membuat CV sekaligus surat lamaran kerja dengan mudah dan cepat.Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Hanya dengan memasukan data penerima surat lamaran kerja, kamu sudah dapat memiliki Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar.

Surat Lamaran Kerja ini merupakan fitur unggulan dari BikinCV yang dapat memudahkan kamu. Fitur satu ini hanya bisa kamu dapatkan di BikinCV saja. Kamu juga dapat membuat surat lamaran dengan berbagai template menarik yang telah disediakan.

Dengan fitur satu ini, tentunya akan dapat memudahkan kamu dalam membuat Surat Lamaran Kerja. Maka dari itu, buat Surat Lamaran kerja di BikinCV saja. Membuat Surat Lamaran Kerja dan CV sekaligus hanya 5 menit tanpa ribet, serta banyak pilihan template yang bisa kamu gunakan.Contoh Surat Lamaran Kerja 

Mulai Buat Surat Lamaran Kerja

BikinCV adalah platform untuk membuat CV dan Surat Lamaran Kerja secara online dengan mudah, cepat dan praktis. Hanya 5 menit, pengguna sudah dapat mengunduh CV berkualitas dan mengirim lamaran saat itu juga.

Dapatkan Aplikasi BikinCV Sekarang


BikinCV adalah platform untuk membuat CV dan Surat Lamaran Kerja secara online dengan mudah, cepat dan praktis. Hanya 5 menit, pengguna sudah dapat mengunduh CV berkualitas dan mengirim lamaran saat itu juga.Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

No comments:

Post a Comment

KABARTOTO – BANDAR SLOT GACOR DEPOSIT MINIMAL 10 RIBU VIA QRIS — KABARTOTO LINK BANDAR SLOT

  Are you a fan of online slot games? Looking for a reliable and exciting platform to play your favorite slots? Look no further than Kabarto...